10 Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

10 Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

Kota Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan tempat yang kaya akan kebudayaan, sejarah, dan tentu saja, kuliner yang lezat.

Dengan pengaruh budaya yang beragam dan bahan-bahan lokal yang melimpah, Makanan Khas Makassar yang Terkenal dan menawarkan cita rasa yang unik dan memikat. Berikut adalah beberapa makanan khas Makassar yang populer dan wajib Anda coba saat mengunjungi kota ini:

1. Coto Makassar

Coto Makassar adalah hidangan khas yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam kuah kental yang kaya akan rempah-rempah seperti ketumbar, lada, dan serai.

Hidangan ini disajikan dengan irisan daging sapi, jeroan sapi (seperti usus dan babat), ketupat, dan bawang goreng sebagai taburan. Coto Makassar biasanya disantap sebagai sarapan atau hidangan utama di malam hari.

2. Konro

Konro adalah hidangan soto iga khas Makassar yang terkenal akan cita rasanya yang gurih dan bumbu rempahnya yang khas.

Iga sapi yang empuk dimasak dalam kuah kental berisi rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, dan cengkeh, sehingga menghasilkan rasa yang kaya dan aromatik. Konro biasanya disajikan dengan nasi putih hangat, bawang goreng, dan sambal sebagai pelengkap.

3. Pallubasa

Pallubasa adalah hidangan sup khas Makassar yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam kuah santan yang kental dan kaya rasa.

Kuah santan yang diolah dengan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan lengkuas memberikan cita rasa yang lezat dan harum. Pallubasa biasanya disajikan dengan ketupat atau nasi putih, serta irisan daun bawang dan jeruk nipis sebagai penambah cita rasa.

Baca Juga:  Makanan Khas Malang, Sayang untuk Dilewatkan

4. Mie Kering

Mie Kering adalah hidangan mi goreng khas Makassar yang terkenal akan kelezatannya.

Mie digoreng dengan bumbu yang kaya rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan kecap manis, sehingga menghasilkan mi yang gurih dan pedas. Mie Kering sering disajikan dengan irisan telur dadar, irisan daging sapi, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

5. Pisang Epe

Pisang Epe adalah makanan ringan khas Makassar yang terbuat dari pisang yang dipipihkan, kemudian dipanggang atau dipanggang dengan arang hingga matang.

Pisang Epe biasanya disajikan dengan siraman kuah gula merah yang manis dan ditaburi dengan parutan kelapa. Rasakan kelezatan dan kelembutan pisang yang dipadu dengan manisnya kuah gula merah ini saat Anda berkunjung ke Makassar.

6. Sop Saudara

Sop Saudara adalah hidangan sop khas Makassar yang terkenal akan kelezatannya. Hidangan ini terdiri dari daging sapi yang dimasak dalam kuah bening yang gurih dan segar, kemudian disajikan dengan irisan tomat, wortel, kentang, dan daun bawang. Sop Saudara biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal sebagai pelengkap.

7. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah makanan penutup khas Makassar yang terbuat dari pisang hijau yang dibalut dengan adonan tepung ketan hijau, kemudian dipanggang atau dikukus hingga matang.

Pisang Ijo kemudian disajikan dengan siraman kuah santan dan gula merah yang manis. Rasakan sensasi segar dan manisnya Es Pisang Ijo saat Anda berkunjung ke Makassar.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Kuliner Solo Terkenal yang Wajib Dicoba

8. Sop Konro Bakar

Sop Konro Bakar adalah hidangan soto iga khas Makassar yang disajikan dengan iga sapi yang dipanggang atau dibakar hingga matang.

Kuah soto yang kaya rempah-rempah dan gurih disiramkan di atas iga sapi yang empuk, sehingga menghasilkan hidangan yang lezat dan menggugah selera. Sop Konro Bakar biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan bawang goreng sebagai pelengkap.

9. Pisang Ijo

Pisang Ijo adalah makanan penutup khas Makassar yang terbuat dari pisang hijau yang dipipihkan, kemudian dibalut dengan adonan tepung beras yang berwarna hijau dari daun suji, dan dipanggang atau dikukus hingga matang.

Pisang Ijo biasanya disajikan dengan siraman kuah santan dan gula merah yang manis, serta taburan es serut sebagai penyegar. Rasakan kelezatan dan keunikan Pisang Ijo saat Anda berkunjung ke Makassar.

10. Jalangkote

Jalangkote adalah jenis kue pastel yang merupakan makanan ringan khas Makassar. Terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan campuran kentang, wortel, telur, dan daging cincang, kemudian digoreng hingga kecokelatan. Rasakan kenikmatan dari krispinya kulit yang renyah dan isian yang lezat ini ketika Anda mencicipinya.

Kesimpulan

Kuliner khas Makassar menawarkan pengalaman kuliner yang kaya dan memuaskan, dengan berbagai hidangan yang lezat dan unik. Dari hidangan berkuah yang gurih hingga makanan ringan yang manis, Anda akan menemukan banyak pilihan yang memanjakan lidah Anda di kota ini.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Paling Dicari

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai Kuliner Khas Jakarta yang telah disebutkan saat Anda berkunjung ke kota ini. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan dan menikmati kelezatan kuliner Makassar yang memikat hati!