10 Rekomendasi Kuliner Solo Terkenal yang Wajib Dicoba

10 Rekomendasi Kuliner Solo Terkenal yang Wajib Dicoba

Solo, atau dikenal juga sebagai Surakarta, adalah kota yang kaya akan warisan budaya, sejarah, dan tentu saja, kuliner yang lezat. Dengan beragam masakan khas Jawa Tengah yang menggoda lidah, Solo adalah surganya para pecinta kuliner. Berikut adalah Rekomendasi Kuliner Solo terkenal yang wajib Anda coba saat mengunjungi kota ini:

1. Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet Solo adalah hidangan khas Solo yang terkenal akan cita rasanya yang gurih dan harum. Nasi Liwet disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam suwir, telur, tahu, tempe, sayuran, dan sambal. Rasakan kelezatan nasi liwet yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Jawa Tengah ini di berbagai warung makan dan restoran di Solo.

2. Sate Kere Solo

Sate Kere adalah sate ayam khas Solo yang terkenal karena kelezatannya dan harganya yang terjangkau. Potongan daging ayam yang empuk disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan disantap bersama lontong. Nikmati sensasi cita rasa khas Solo yang autentik dengan menikmati Sate Kere di tempat-tempat favoritnya di sekitar kota.

3. Selat Solo

Selat Solo adalah hidangan khas Solo yang terdiri dari potongan daging sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu kari kental yang kaya akan rempah-rempah.

Selat Solo biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, kentang, wortel, kacang polong, dan ditaburi bawang goreng. Nikmati kelezatan Selat Solo yang hangat dan lezat di berbagai warung makan tradisional di kota ini.

Baca Juga:  6 Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

4. Gudeg Yu Djum

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta-Jawa Tengah yang juga sangat populer di Solo. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati gudeg di Solo adalah di Gudeg Yu Djum.

Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg dengan cita rasa autentik yang lezat, lengkap dengan ayam, telur, tahu, dan sambal goreng krecek. Rasakan lezatnya gudeg yang legit dan gurih ini di tempat yang telah menjadi ikon kuliner Solo selama bertahun-tahun.

5. Wedang Ronde

Saat berada di Solo, jangan lewatkan untuk mencoba wedang ronde, minuman tradisional hangat yang cocok dinikmati di malam hari.

Wedang ronde terdiri dari bola-bola tepung ketan yang dimasak dalam air jahe hangat, lalu disajikan dengan kuah gula merah dan taburan kacang tanah. Rasakan sensasi kehangatan dan kelezatan wedang ronde yang menyegarkan di berbagai penjaja kaki lima di sekitar kota.

6. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman adalah jajanan tradisional khas Solo yang terkenal akan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Serabi Notosuman terbuat dari adonan tepung beras yang dituangkan ke dalam cetakan khusus, lalu dipanggang hingga matang.

Serabi ini biasanya disajikan dengan kuah gula merah atau taburan kelapa parut. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Serabi Notosuman yang lembut dan legit ini saat berkunjung ke Solo.

7. Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu adalah minuman segar khas Solo yang terdiri dari dawet, santan, gula merah cair, dan es serut.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

Dawet adalah sejenis kue basah yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan pewarna alami seperti daun pandan, kemudian direbus hingga matang. Es Dawet Ayu merupakan minuman yang sangat menyegarkan dan cocok dinikmati di siang hari yang panas di Solo.

8. Soto Gading

Soto Gading adalah salah satu hidangan soto yang terkenal di Solo. Hidangan ini terdiri dari kuah bening yang diisi dengan potongan daging ayam, irisan telur, tauge, dan daun seledri. Soto Gading disajikan dengan nasi putih hangat dan kerupuk sebagai pelengkap. Rasakan kelezatan soto yang gurih dan segar ini di berbagai warung makan di Solo.

9. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah adalah hidangan yang terbuat dari tulang dan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang kaya. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, dan biasanya disajikan dengan nasi putih hangat. Tengkleng Gajah merupakan hidangan yang sangat populer di Solo, terutama di malam hari.

10. Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang adalah hidangan yang terdiri dari potongan tahu goreng, lontong (kupat), tauge, dan irisan ketupat yang disiram dengan kuah kacang kental dan bumbu kacang yang lezat.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan potongan kentang rebus, telur rebus, dan ditaburi bawang goreng. Nikmati kelezatan Kupat Tahu Magelang yang menggoda selera di berbagai warung makan di Solo.

Baca Juga:  Makanan Khas Malang, Sayang untuk Dilewatkan

Kesimpulan

Kuliner Solo tidak hanya menawarkan kelezatan rasa, tetapi juga merangkum sejarah, budaya, dan keanekaragaman Indonesia dalam setiap sajian. Dari hidangan khas tradisional hingga kreasi kuliner modern, Solo memiliki segala sesuatu yang Anda cari dalam petualangan kuliner yang tak terlupakan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi dan menikmati ragam Kuliner Semarang Terkenal saat Anda berkunjung ke kota ini. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan dan menikmati kelezatan kuliner Solo yang memikat hati!