Makanan Khas Malang, Sayang untuk Dilewatkan

Makanan Khas Malang

Malang, sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, Indonesia, terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, sejarahnya yang kaya, dan tentu saja, kuliner khasnya yang lezat. Kota ini adalah surga bagi para pecinta kuliner yang ingin menjelajahi cita rasa unik dan otentik dari Jawa Timur. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Kuliner Khas Malang yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke kota ini.

1. Bakso Malang

Bakso adalah hidangan sup daging dengan bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi giling, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu. Bakso Malang adalah variasi bakso yang terkenal di kota ini. Yang membedakannya adalah bakso ini disajikan dengan mie kunir (mie berwarna kuning) dan dicampur dengan kuah kaldu sapi yang lezat. Biasanya, bakso Malang juga dilengkapi dengan bawang goreng, seledri, emping, dan sambal. Rasanya yang gurih dan pedas akan membuat Anda ketagihan.

2. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan salad khas Jawa Timur yang terdiri dari irisan daging cingur (cingur adalah nama lokal untuk daging moncong sapi yang direbus), sayuran segar seperti ketimun, tauge, dan kentang rebus, serta disajikan dengan kuah petis (saus ikan fermentasi) yang pedas dan gurih. Hidangan ini memiliki rasa yang unik dan tekstur yang beragam, membuatnya menjadi pilihan yang populer di Malang.

Baca Juga:  6 Makanan Khas Makassar Populer yang Wajib Dicoba

3. Rawon

Rawon adalah hidangan sup daging berwarna hitam yang khas dari Jawa Timur. Warna hitamnya berasal dari penggunaan kluwek, biji yang dihancurkan dan dicampurkan ke dalam hidangan. Daging sapi yang empuk dan kuah yang kaya akan rempah-rempah membuat rawon menjadi hidangan yang nikmat. Biasanya, rawon disajikan dengan nasi putih, tauge, kerupuk, dan sambal.

4. Sate Kambing Muda

Sate adalah hidangan yang terdiri dari daging yang dipanggang atau dibakar di atas arang. Di Malang, sate kambing muda adalah salah satu hidangan yang paling populer. Potongan-potongan daging kambing muda yang lembut disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan lontong (nasi ketan dalam daun pisang) dan irisan bawang merah serta kecap manis.

5. Nasi Pecel

Nasi pecel adalah hidangan nasi yang disajikan dengan sayuran rebus seperti kacang panjang, kangkung, tauge, dan tempe. Hidangan ini kemudian dilumuri dengan saus kacang yang kaya akan rempah-rempah dan rasa pedas. Nasi pecel sering dihidangkan dengan rempeyek (kerupuk kacang) untuk menambah tekstur dan cita rasa yang gurih.

6. Pisang Goreng Malang

Pisang goreng Malang adalah camilan yang terbuat dari pisang yang dilapisi adonan tepung berbumbu dan digoreng hingga renyah. Pisang goreng ini berbeda dari pisang goreng pada umumnya karena memiliki lapisan tepung yang garing dan rasa manis yang khas.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Paling Dicari

7. Es Krim Ragusa

Untuk pencuci mulut yang lezat, jangan lewatkan Es Krim Ragusa. Tempat es krim ini sudah berdiri sejak tahun 1932 dan menjadi salah satu ikon kuliner Malang. Es krim buatan sendiri dengan berbagai pilihan rasa yang lezat menjadi pilihan yang sempurna untuk mengakhiri makan malam Anda.

8. Kue Pia

Kue Pia adalah kue kering yang terbuat dari campuran tepung, mentega, gula, dan kacang hijau. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis. Kue Pia biasanya diisi dengan pasta kacang hijau atau varian lainnya seperti cokelat atau keju.

9. Lontong Kupang

Lontong Kupang adalah hidangan lontong (nasi ketan dalam daun pisang) yang disajikan dengan kuah berbasis kerang dan udang kupang (jenis kerang kecil). Kuahnya yang gurih dan pedas sangat cocok dengan lontong yang lembut.

10. Soto Ayam

Soto Ayam adalah sup ayam khas Indonesia yang sangat populer. Di Malang, Soto Ayam sering disajikan dengan tambahan emping, tauge, bawang goreng, dan sambal. Kuah supnya yang hangat dan bumbu rempahnya akan membuat Anda merasa puas.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Malang, pastikan untuk mencicipi Makanan Khas Cirebon yang Terkenal ini. Kuliner khas Malang tidak hanya akan memuaskan lidah Anda, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang kaya dari Jawa Timur. Selamat menikmati!

Baca Juga:  10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Paling Dicari